1. Jika kita ingin merakit komputer, kita memerlukan...
A. Perangkat Keras
B. Perangkat Lunak
C. Software
D. Brainware
E. Semua benar
Jawaban=A. Perangkat Keras
2. Pimpinan unit yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses berlangsungnya
pekerjaan komputer, yang merupakan pejabat eselon tertinggi di bidang IT...
A. Data Processing Manager
B. Management Cable
C. Programmers
D. System Analyst
E. Machine Operator
Jawaban=A. Data Processing Manager
3. kepanjangan RAM adalah...
A. Random Acces Memory
B. Random Analytic Memory
C. Random Anti Memory
D. Random All Memory
E. Semua benar
Jawaban=A. Random Acces Memory
4. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah...
A. Pengolah performa
B. Mengeluarkan data
C. Mengolah data untuk menghasilkan informasi
D. Memberikan informasi
E. Mengoperasikan komputer
Jawaban=C. Mengolah data untuk menghasilkan informasi
5. Melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika adalah tugas dari....yang terjadi sesuai intruksi program merupakan tugas dari...
A. ALU
B. Harddisk
C. Micorosft Windows
D. CU
E. BUS
Jawaban=A. ALU
6. Bagian dari Sistem Komputer yang berperan sebagai pengguna disebut...
A. CPU
B. Hardware
C. Malware
D. Brainware
E. Software
Jawaban=D. Brainware
7. Apakah kepanjangan dari WAN
A. Wireless Areas Networking
B. Wide Area Network
C. West An Nail
D. Wifi A N
E. Wedding At Nose
Jawaban=B. Wide Area Network
8. Peer to peer merupakan jenis jaringan...
A. Jaringan PAN
B. Jaringan WPAN
C. Jaringan LAN
D. Jaringan WAN
E. Jaringan MAN
Jawaban=C. Jaringan LAN
9. Kepanjangan dari OSI...
A. Organisation Standards International
B. Operating System Interconnection
C. Open System Interconection
D. On System In
E. Oh sakit to
10. Sebutkan kepanjangan dari K3LH ....
A. Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan Hidup
B. Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup
C. Kesehatan, Keselamatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan Hidup
D. Kesehatan kerja, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan Hidup
E. Keselamatan kerja , Kesehatan, Keamanan dan Lingkungan Hidup
Jawaban= A. Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja Lingkungan Hidup
11. Keilmuan K3 merupakan perpaduan dari multidisiplin ilmu antara ilmu-ilmu
kesehatan, ilmu perilaku, ilmu alam, teknologi dan lain-lain. Manfaat kita mempelajari K3LH adalah...
A. Menciptakan kondisi sehat bagi pekerja
B. Menciptakan kondisi selamat bagi pekerja
C. Menciptakan iklim kerja bagi pekerja
D. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja
E. Menciptakan kondisi sehat dan selamat bagi pekerja
Jawaban=D. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja
12. Posisi tangan yang baik dalam penggunaan komputer yaitu...
A. Posisi siku harus membentuk sudut 30° s/d 40° terhadap posisi key board
B. Posisi siku harus membentuk sudut 50° s/d 60° terhadap posisi key board
C. Posisi siku harus membentuk sudut 70° s/d 80° terhadap posisi key board
D. Posisi siku harus membentuk sudut 90° s/d 110° terhadap posisi key board
E. Posisi siku harus membentuk sudut 120° s/d 140° terhadap posisi keyboard
Jawaban=D. Posisi siku harus membentuk sudut 90° s/d 110° terhadap posisi key board
13. Posisi atau pengaturan monitor yang baik yaitu?....
A. Posisi text paling bawah dari monitor harus sejajar dengan mata kita.
B. Posisi text paling kanan dari monitor harus sejajar dengan mata kita.
C. Posisi text paling kiri dari monitor harus sejajar dengan mata kita.
D. Posisi text paling tengah dari monitor harus dibawah mata kita.
E. Posisi text paling atas dari monitor harus sejajar dengan mata kita.
Jawaban= E. Posisi text paling atas dari monitor harus sejajar dengan mata kita.
14. Posisi atau pengaturan mouse yang benar sesuai dengan K3, Kecuali
A. Taruhlah posisi mouse sejajar dengan keyboard dan pergelangan tangan.
B. Usahakan posisi mouse mudah dijangkau oleh tangan
C. Berilah tempat yang cukup sempit untuk gerakan mouse sehingga mudah untuk menggerakkkan mouse.
D. Istirahatkan tangan jika merasa lelah dan berilah pad pada mouse untuk
mempermudah gerakan dari bola mouse
E. lepaskan mouse pada waktu tidak menggunakan mouse
Jawaban=C. Berilah tempat yang cukup sempit untuk gerasehingga mudah untuk menggerakkkan mouse
15. Yang bukan merupakan faktor dalam mempengaruhi tingkat ergonamis tempat kerja,yaitu:
A. Posisi tubuh
B. Tenaga yang dikeluarkan
C. Gerakan kerja
D. Penglihatan
E. Gerakan alat
Jawaban=D. Penglihatan
16. Keadaan temperatur yang normal untuk bekerja adalah :
A. 16°-20° C
B. 22°-28° C
C. 25°-28°
D. 28°-32° C
E. 28°-36° C
Jawaban= C. 25°-28°
17. K3 dalam merakit komputer yaitu :
A. Cucilah tangan dengan sabun
B. Merakitlah di ruang yang terbuka
C. Memakai sarung tangan kain
D. Memakai gelang anti statik
E. Memakai obeng
Jawaban=D. Memakai gelang anti statik
18. Jarak layar dengan mata harus dapat diatur agar nyaman. Jangkauan yang disarankan adalah
A. 25-30 cm
B. 35-50 cm
C. 45-50 cm
D. 45-80 cm
E. 55-90 cm
Jawaban=A. 25-30 cm
19. Keyboard harus mempunyai sifat-sifat berikut :
A. keyboard harus tergabung dengan monitor
B. keyboard harus tebal, sekitar 15 cm atau lebih
C. kemiringan harus dapat diatur, sekitar 45o
D. warna harus mencolok
E. harus ada mekanisme umpan balik untuk menunjukkan bahwa penekanan kunci berhasil
Jawaban= B. keyboard harus tebal, sekitar 15 cm atau lebih
20. Penggunaan komputer terus menerus dapat menyebabkan....
A. Kepala pusing
B. Mata merah
C. Lelah
D. Otot kaki kaku
E. Tidak konsentrasi
Jawaban= B. Mata merah
21. Posisi meja dengan baik untuk penggunaan komputer yaitu ....
A. Posisi meja antara 60-75cm dari bawah
B. Meja terbuat dari besi
C. Posisi meja membelakangi datangnya cahaya
D. Posisi meja sejajar dengan mata
E. kemiringan harus dapat diatur, sekitar 45 derajat
Jawaban=A. Posisi meja antara 60-75cm dari bawah
22. Alamat-alamat dalam halaman web dikenal dengan nama...
A. WEB
B. URL
C. UTP
D. ISP
E. IP
Jawaban=B. URL
23. Satuan kecepatan transfer data adalah....
A. GPRS
B. BPS
C. ISP
D. DSL
E. LAN
Jawaban=B. BPS
Jawaban=
24. Berikut merupakan jenis-jenis kelelahan yang terdapat pada manusia, kecuali...
A. Kelelahan visual
B. Kelelahan monoton
C. Kelelahan materi
D. Kelelahan fisik
E. Kelelahan mental
Jawaban= B. Kelelahan monoton
25. Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori yaitu...
A. Human Readable,Machine Readable,Communication
B. Software, Hardware, VGA
C. Human, Software, Input
D. Output, Input, Perangkat keras
E. Semua benar
Jawaban=A. Human Readable,Machine Readable,Communication
26. Perangkat peripheral adalah...
A. Perangkat eksternal yang dihubungkan dengan modul I/O disebut
B. Perangkat Internal yang dihubungkan melalui perangkat External
C. Sebuah perangkat yang menyimpan data
D. Perangkat peripheral adalah perangkat yang wajib terpasang di pc
E. Perangkat yang penting
Jawaban=A. Perangkat eksternal yang dihubungkan dengan modul I/O disebut
27. Dibawah ini yang tidak tergabung dalam Microsoft Office adalah...
A. Power Point
B. Word
C. Excel
D. Access
E. Clip Board
Jawaban=E. Clip Board
28. Dibawah ini merupakan software yang sering digunakan untuk browsing internet kecuali...
A. Micorost Explorer
B. Opera
C. UC Browser
D. Chrome
E. Netbrowser
Jawaban=E. Netbrowser
29. Jika kita ingin merakit komputer, kita memerlukan...
A. Perangkat Keras
B. Perangkat Lunak
C. Software
D. Brainware
E. Semua benar
Jawaban=A. Perangkat Keras
30. Posisi duduk yang benar pada saat kita menggunakan komputer adalah .....
A. Duduk dengan santai saja
B. Duduk dengan kursi yang tidak bersandar
C. Duduk dengan posisi duduk lurus dengan posisi komputer
D. Duduk dengan kursi bersandar dan posisi lurus terhadap komputer
E. Duduk dengan kaki diangkat
Jawaban=D. Duduk dengan kursi bersandar dan posisi lurus terhadap komputer
31. Agar jari kita tidak cepat lelah, maka:
1. Mengguankan keyboar yang lembut
2. Posisi jari tepat dan benar
3. Selalu mengguanakn mouse
4. Bekerja sebentar-sebentar berhenti
Pernyataan yang benar adalah .....
A. 1,2 dan 3
B. 1 dan 2 saja
C. 1, 2, 3 dan 4
D. 3 dan 4 saja
E. 2, 3, dan 4
Jawaban=A. 1,2 dan 3
32. Yang perlu diperhatikan dalam K3 adalah ,.....
1.Kesehatan mata
2.Kesehatan jari tangan
3.Kesehatan kaki pinggan
4.Kesehatan punggung
5. Kesehatan kaki
Pernyataan yang tidak benar adalah.....
A. 1
B. 2
C. 5
D. 3
E. 4
Jawaban=D. 3
33. Cara menghidupkan komputer yang benar adalah.....
A. Hidupkan power suplay, tekan tombol power (On) pada CPU
dan monitor dan tunggu hingga muncul dekstop
B. Hidupkan power suplay, tekan tombol power (0n) pada CPU dengan
keras dan monitor tunggu hingga beberapa saat sampai muncul dekstop
C. Hidupkan tombol power (on) pada CPU dan monitor
D. Hidupkan power suplay, tekan tombol (on) pada CPU dan monitor dan monitor langsung melakukan aktivitas
E. Hidupkan power suplay, tekan tombol power (on) pada CPU
monitor dengan keras langsung melakukan aktivitas
Jawaban=D. Hidupkan power suplay, tekan tombol (on) pada CPU dan monitor dan monitor langsung melakukan aktivitas
34. Pada CPU (cassing) dan monitor terdapat .....
A. Tombol restart
B. Tombol on of
C. Tombol KeyBoard
D. Tombol mouse
E. Tombol untuk menghidupkan monitor
Jawaban=B. Tombol on of
35. Bilangan biner adalah bilangan yang berbasis ……………..
A. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2
B. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
C. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
D. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
E. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 - 15
Jawaban=B. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
36. Bilangan heksadesimal adalah bilangan yang berbasis …………..
A. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
B. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 dan 17
C. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
D. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
E. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 - 15
Jawaban=E. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 - 15
37. Bilangan Desimal adalah bilangan yang berbasis..................
A. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 dan 10
B. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
C. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
D. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
E. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 - 15
Jawaban=C. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
38. Bilangan oktal adalah bilangan yang berbasis........
A. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 dan 8
B. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
C. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
D. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
E. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 - 15
Jawaban=D. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
39. Berikut ini yang termasuk ke dalam peralatan input komputer adalah...
A. Monitor
B. Speaker
C. Keyboard
D. Harddisk
E. Printer
Jawaban=C. Keyboard
40. Pada umumnya jika kita ingin masuk A. Perangkat Keraske BIOS / mengaktifkan BIOS pada saat booting, biasanya menekan tombol pada keyboard...
A. F12
B. Delete
C. Ctrl + A
D. F7
E. F9
Jawaban=B. Delete
Tidak ada komentar:
Posting Komentar